Selasa, 28 Oktober 2008

JAMBORE ASEAN

Presiden Yudhoyono Akan Buka Jambore Pandu ASEAN 2008



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri pembukaan Jambore Pandu ASEAN 2008, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu sore.

Menurut keterangan resmi dari Biro Pers dan Media Istana, di Jakarta, Minggu, Presiden direncanakan menghadiri acara tersebut dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono.

Jambore Pandu ASEAN 2008 yang diikuti oleh perwakilan pramuka dari seluruh negara ASEAN kecuali Myanmar itu dilangsungkan 19-26 Oktober 2008. Jumlah peserta dari negara ASEAN sebanyak 300 pramuka, dengan Laos hanya mengirim pengamat, sementara dari Indonesia 1.200 orang.

Sebelum Jambore Pandu ASEAN 2008 digelar, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menggelar Konferensi Pandu ASEAN di Kompleks Lembaga Pendidikan Pramuka Nasional, Cibubur, yang dibuka oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

Adhyaksa Dault mengharapkan konferensi itu menghasilkan komitmen bersama mengenai perlunya menjaga perdamaian di ASEAN, yang diwujudkan melalui keakraban antara anggota pandu Kamboja dan Thailand sekalipun negaranya tengah berkonflik memperebutkan sebidang tanah di sekitar kuil kuno Phreah Vihear.

Pada konferensi yang berlangsung 16-18 Oktober dan diikuti sembilan negara ASEAN (Myanmar tidak ikut) tersebut antara lain dibahas berbagai kegiatan kepanduan di kawasan ASEAN, terutama kegiatan yang mengarah pada pembangunan persaudaraan dan persahabatan antar-negara ASEAN.

Tidak ada komentar: