Selasa, 09 Februari 2010

MOTIVASI PESERTA DIDIK


Ada beberapa hal yang diinginkan siswa ketika seorang guru akan memasuki ruang kelas dan guru diharapkan nantinya untuk dapat memenuhi hal tersebut untuk menjaga agar siswa tetap termotivasi dalam belajar Menurut Ronald. W. Luee (1990) hal yang diinginkan siswa tersebut adalah: (1) Siswa ingin kebutuhan pribadinya dalam belajar terpenuhi Mereka ingin bakat dan kemampuan mereka dihargai oleh guru dalam kelas; (2) Siswa menginginkan guru yang benar‑benar menghargai mereka sebagai "manusia", yang peduli mereka bukan hanya guru yang selalu ingin mengevaluasi mereka; (3) Siswa ingin ditantang dengan pelajaran bukan menjatuhkan mereka; (4) Siswa ingin guru menjaga dan selalu mendukung mereka serta mengikuti perkembangan mereka secara individu; (5) Siswa menyukai guru yang bisa menyesuaikan diri dengan usia mereka, humoris dan bisa mengerti humor mereka; (6) Siswa menyukai cara menerangkan yang jelas dan lengkap serta memberikan contoh‑contoh yang konkrit.

3 komentar:

Mbah Sium Sumedi mengatakan...

Selamat pagi....Bu guru....salam kenal...

radarsolo mengatakan...

assalamualaikum wr wb
nama : pratmasari Purnomo ning tyas
nim : 818455405
email : sastro_kempong@yahoo.co.id
mahasiswa : UT PGSD semester 4 kelompok A
maturnuwun wassalamualaikum wr wb

cahyo mengatakan...

Kadang sebagai seorang guru saya kurang mengerti mengapa semua orang, baik itu praktisi pendidikan, pejabat pendidikan, insane pendidikan sendiri dan masyarakat yang awan pendidikan-pun selalu menyodorkan keinginan-keinginan siswa, kebutuhan-kebutuhan siswa, hal-hal yang harus dilakuakn seorang guru untuk sisiwa siswa, apa yang terbaik bagi siswa. Namun tak pernah sekalipun saya temukan baik itu buku-buku, pembahasan-pembahasan, dan kebijakan-kebijakan, mengenai apa yang menjadi keinginan seorang guru, kebutuhan seorang guru dalam mendidik, hal-hal yang harus dilakukan siswa, masyarakat, praktisi pendidikan, pejabat pendidikan, pemerintah dan insan pendidikan sendiri bagi seorang guru. Padahal sangatlah sederhana apa yang sebenarnya seorang guru butuhkan dan inginkan.
• Satu contoh kecil bagaiman seumpama pendapat Ronald.W.Luee (1990) itu kita relefansikan ke dalam hal-hal yang diinginkan guru.
1. Guru ingin kebututuhan pribadinya dalam mengajar terpenuhi, mereka ingin pengajaran mereka dihargai oleh siswa dalam kelas.
2. Guru menginginkan siswa yang benar-benar menghargai mereka sebagai “manusia”, yang peduli mereka bukan hanya siswa yang selalu merasa dievaluasi.
3. Guru menginkan seoarang siswa yang mau berjuang menghadapi tantangan bukan siswa yang hanya merasa dijatuhkan saat menemui kesulitan.
4. Guru ingin siswa tidak merasa di campuri urusan pribadinya tatkala guru mengikuti perkembangan mereka secara pribadi
5. Guru suka siswa yang bisa menempatkan diri tau kapan saat serius dan saat humor dalam batasan etika dan estetika yang ada.
6. Guru menyukai siswa yang antusias, respektif dan melakukan segala aktifitas pembelajaran dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab.
Bagi para guru monggo sampaikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan bapak/ibu guru dalam mencerdaskan anak bangsa ini.